KONSEP TUMBUH KEMBANG
Menurut Joyce Engel (1999), yang dikatakan anak usia pra sekolah adalah
anak-anak yang berusia berkisar 3-6 tahun.
Ada
beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mengukur tingkat pertumbuhan dan
perkembangan anak, yaitu :
Ø Aspek fisik
Ø Aspek motorik
Ø Aspek bahasa
Ø Aspek kognitif
Ø Aspek sosialisasi
Pola pertumbuhan dan perkembangan pada anak menunjukkan
variasi normal yang luas, sehingga perlu cara dan istilah statistik untuk
menilainya. Terdapat 3 macam cara untuk menunjukkan suatu variasi normal yang
pada umumnya disusun dalam bentuk tabel atau dalam kartu pertumbuhan (growth
card), yaitu :
1.
Menggunakan mean dan standar
deviasi (SD)
Mean adalah nilai
rata-rata ukuran anak yang dianggap normal, dengan cara ini seorang anak dapat
ditentukan posisinya, yaitu :
a.
Mean ± 1 SD, mencakup 66,6 %
b.
Mean ± 2 SD, mencakup 95 %
c.
Mean ± 3 SD, mencakup 97,7 %
2.
Menggunakan persentil
Besarnya persentil menunjukkan posisi suatu
hasil pengukuran dalam urutan yang khas, yaitu dari yang terkecil sampai yang
terbesar, dari 100 hasil pengukuran (100%). Persentil ke-10 berarti bahwa anak
tersebut berada pada posisi anak ke-10 dari bawah, dimana 9 anak lebih kecil
darinya dan 90 anak lebih besar darinya. Sedangkan persentil ke-50 berarti
bahwa anak tersebut berada pada urutan ke-50 sehingga jumlah yang sama berada
di bawah dan di atasnya.
3.
Menggunakan persentase
Besarnya variasi normal berada di antara
persentasi tertentu terhadap suatu nilai patokan yang dianggap 100 %.
Misalnya, pada Lokakarya Antopometri Gizi
Depkes 1975 bahwa :
a.
Nilai 100 % untuk berat atau nilai
persentil ke-50 dari Baku Harvard
Variasi normal berada antara 80 – 110 %.
Selengkapnya Disini
Add caption |
0 komentar:
Posting Komentar
™Beri Comment Anda Untuk Perubahan™